Apa Perbedaan Kolesterol dan Trigliserida?

Apa Perbedaan Kolesterol dan Trigliserida – Kolesterol lebih terkenal dibanding dengan trigliserida. Banyak orang masih awam mengenai trigliserida. Sebenarnya baik Kolesterol maupun Trigliserida merupakan jenis-jenis lemak dasar yang ada dalam tubuh manusia dan bersirkulasi dalam aliran darah.

Namun walaupun keduanya sama-sama jenis lemak dasar dan memiliki kemiripan tetapi ada beberapa perbedaan yang mendasar di antara keduanya. Perbedaan tersebut dapat dilihat dibawah ini :

Kolesterol

  • kolesterol akan disimpan dalam dinding pembuluh darah atau jaringan hati.
  • kolesterol memiliki fungsi membangun hormon-hormon dan sel-sel tertentu dalam tubuh.

Trigliserida

  • trigliserida akan disimpan dalam sel lemak di bawah jaringan kulit.
  • trigliserida memiliki fungsi menghasilkan energi untuk tubuh.

Penyebab utama tingginya trigliserida yaitu asupan makanan yang memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Penyebab lainnya yaitu kegemukan atau obesitas, kurang bergerak dan mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat sederhana seperti gula dan tepung. Trigliserida yang tinggi juga dapat dipicu karena adanya penyakit diabetes, ginjal atau hati dalam tubuh serta faktor keturunan dalam keluarga.

Faktor genetik merupakan hal yang paling sulit diatasi karena reseptor dalam sel hati yang bertugas untuk mengubah trigliserida berlebih untuk menjadi kolesterol telah mengalami cacat bawaan dan tidak bisa diobati. Walaupun begitu dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur dapat menurunkan kadar trigliserida dan menaikkan kadar koelsterol baik (HDL).

Diet yang baik untuk penderita trigliserida berlebih (hipertrigliseridemia) yaitu dengan membatasi asupan makanan yang tinggi lemak jenuh dan mengurangi karbohidrat sederhana seperti gula dan tepung. Selain dengan melakukan diet sehat untuk menurunkan kadar trigliseridan dan kolesterol tinggi dapat dengan rutin mengkonsumsi Dragon Noni. Dragon Noni merupakan obat herbal berbentuk jus yang terbuat dari mengkudu dan buah naga merah yang berkhasiat untuk mengatasi kolesterol, trigliserida dan asam urat.

Dragon Noni aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping dan telah terdaftar di BPOM. Info lebih lengkap mengenai Dragon Noni dapat dilihat di website www.obatkolesterol.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s